Sekilas Pandang

Mutu pendidikan di Indonesiaharus terus diperjuangkan. Oleh karena itu perlu adanya pembaruan barbagai aspek terkait. Sebagai salah satu solusi yang diharapkan agar lembaga pendidikan lebih efektif dan efisien adalah pembaruan kurikulum.

Pada masa akhir pelaksanaan KBK 2004 Departemen pendidikan nasional (depdiknas) mengajukan konsep kurikulum baru yaitu kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mangacu pada standart Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional. Standart Pendidikan Nasional terdiri atas standart, isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengeloalaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.
Dengan harapan bila proses berlangsung dengan benar, maka kompetensi umum perlu dikuasai para lulusan adalah kecakapan hidup dan kecakapan pemecahan problem kehidupan yang meliputi : Kecakapan individu (personal skill) Kecakapan berfikir rasional (thinking skill) kecapakan bersosialisasi (social skill), kecakapan akademik ( academic skill) , dan kecakapan vokasional (vocational skill).
SMP Plus Darussalaam sebagai salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Depdiknas telah menerapkan model dan sistem Full Day School dan Boarding School menawarkan kepada siswa untuk mengarah pada penguasaan berbagai kecakapan tersebut.
SMP Plus Darussalam juga diarahkan mampu mencetak anak didik yang handal dalam Intellectual Quotion dan emotional Quotion saja akantetapi juga dibekali dengan Spiritual yang tinggi dan handal, Mereka dibina spiritualnya selama 24 jam dengan memberi materi tambahan keagamaan serta praktek ibadah dll. Oleh karena itu kita menyediaakan asrama bagi siswa yang tempat tinggalnya tidak jauh dari sekolah.

0 komentar: